Deretan Generator AI Pembuat Gambar Otomatis Terbaik yang Bisa dicoba dengan Gratis 2024

Diposting pada
Deretan Generator AI Pembuat Gambar Otomatis Terbaik yang Bisa dicoba dengan Gratis

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, model AI untuk menghasilkan gambar dari teks semakin mudah diakses. Meskipun mengunjungi situs web untuk menghasilkan gambar sudah cukup praktis, generator teks-ke-gambar open-source memberikan kendali lebih besar atas prosesnya. Ada banyak generator AI teks-ke-gambar open-source yang tersedia gratis di internet, masing-masing dengan spesialisasi gambar tertentu. Berikut adalah pilihan terbaik yang bisa Anda coba sekarang juga.

5 Generator AI Pembuat Gambar Otomatis Text To Image Free

1. Craiyon

Craiyon adalah salah satu generator gambar AI open-source yang paling mudah diakses. Berbasis pada DALL-E Mini, Craiyon awalnya memungkinkan penggunanya untuk mengunduh repositori Github dan menginstal model secara lokal, namun kini lebih fokus pada situs webnya.

Repositori Github resmi belum diperbarui sejak Juni 2022, tetapi model terbaru masih tersedia gratis di situs resmi Craiyon. Tidak ada aplikasi untuk Android atau iOS.

Baca lainnya: Cara Mengubah Foto Menjadi PDF di iPhone atau iPad Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Dari segi fungsionalitas, Craiyon menawarkan semua opsi standar yang diharapkan dari generator gambar AI. Setelah memasukkan prompt dan mendapatkan gambar, Anda bisa menggunakan fitur upscale untuk mendapatkan salinan resolusi tinggi. Ada tiga gaya yang bisa dipilih: Art, Photo, dan Drawing. Anda juga bisa memilih opsi “None” jika ingin model yang memutuskan.

Mode “Expert” memungkinkan Anda memasukkan kata-kata negatif, yang memberitahu model untuk menghindari item tertentu. Ada juga fitur prediksi prompt yang menggunakan ChatGPT untuk membantu pengguna menulis prompt yang paling detail. Terakhir, fitur penghapusan latar belakang yang didukung AI dapat membantu Anda menghemat waktu dan usaha dalam memotong latar belakang gambar.

Craiyon mungkin bukan model AI gambar paling canggih, tetapi cukup baik sebagai model dasar jika Anda tidak membutuhkan sesuatu yang terlalu detail atau realistis. Pengguna gratis dibatasi hingga sembilan gambar per menit. Untuk mendapatkan lebih banyak fitur seperti tidak ada iklan atau watermark, kecepatan generasi yang lebih cepat, dan opsi untuk menjaga gambar tetap privat, Anda bisa berlangganan tier Supporter atau Professional.

2. DreamShaper

DreamShaper adalah model generator gambar berbasis Stable Diffusion yang berfokus pada fotorealisme. Model ini menawarkan kebebasan lebih besar atas output akhir, mulai dari perbaikan pencahayaan hingga pembatasan NSFW yang lebih longgar.

DreamShaper dapat dijalankan secara lokal dengan versi yang sudah dilatih sebelumnya tersedia online, serta melalui beberapa situs web seperti Sinkin.ai, RandomSeed, dan Mage.space. Gambar yang dihasilkan DreamShaper cenderung lebih realistis dibanding Stable Diffusion, terutama untuk potret atau karakter.

Anda tidak memerlukan PC yang sangat kuat untuk menjalankan model ini. GTX 1650Ti dengan 4GB VRAM sudah cukup untuk menjalankan model ini dengan baik. Waktu generasi mungkin sedikit lebih lama, tetapi hasilnya tetap memuaskan.

3. InvokeAI

Invoke AI adalah model gambar berbasis AI lainnya yang didasarkan pada Stable Diffusion, dengan versi XL berdasarkan Stable Diffusion XL. Model ini memiliki antarmuka pengguna web dan command line sendiri, yang membuatnya lebih mudah digunakan.

InvokeAI fokus pada pembuatan visual berdasarkan properti intelektual pengguna dengan alur kerja yang disesuaikan. InvokeAI adalah salah satu model gambar AI open-source terbaik untuk melatih model khusus dan bekerja dengan properti intelektual.

Baca lainnya: Microsoft Edge Berikan Fitur dan Keamanan yang Lebih Unggul dari pada Chrome

Ada dua metode instalasi: menggunakan installer InvokeAI atau melalui PyPI jika Anda lebih nyaman dengan terminal dan Python. Namun, kontrol tambahan ini membawa beberapa keterbatasan, terutama persyaratan perangkat keras yang lebih ketat.

4. Openjourney

Openjourney adalah model gambar AI open-source yang juga didasarkan pada Stable Diffusion. Model ini dilatih dengan gambar Midjourney dan dapat meniru gaya Midjourney dalam gambar yang dihasilkan.

PromptHero, perusahaan di balik Openjourney, memungkinkan Anda menguji model ini bersama model lain seperti Stable Diffusion, DreamShaper, dan Realistic Vision. Anda mendapatkan 25 kredit gratis saat mendaftar, dan bisa berlangganan untuk mendapatkan lebih banyak kredit dan fitur eksklusif.

Jika Anda ingin menjalankannya secara lokal dan gratis, Anda bisa mengunduh file model dari HuggingFace dan menjalankannya menggunakan antarmuka web Stable Diffusion. Openjourney tidak mencantumkan persyaratan perangkat keras khusus, tetapi Anda bisa mengharapkan persyaratan yang mirip dengan Stable Diffusion.

Gambar yang dihasilkan Openjourney cenderung seimbang antara fotorealisme dan seni, kecuali ditentukan lain. Jika Anda mencari model serba guna dan menyukai tampilan dan nuansa Midjourney tanpa membayar langganan, Openjourney adalah salah satu pilihan terbaik.

5. Stable Diffusion 1.5

Stable Diffusion mungkin adalah model generator teks-ke-gambar open-source paling populer. Model ini juga mendukung beberapa generator gambar lain. Dirilis pada 2022, Stable Diffusion memiliki banyak implementasi.

Model ini mudah diinstal bahkan untuk pemula, asalkan Anda memiliki GPU dengan setidaknya 4GB memori. Anda juga bisa mengakses Stable Diffusion secara online. Versi 1.5 yang kami uji bekerja dengan baik, namun versi 2.1 yang lebih presisi sedang dalam pengembangan aktif.

Kami menguji model ini dengan antarmuka web AUTOMATIC1111 Stable Diffusion, dan semua kontrol serta parameter bekerja dengan baik. Waktu generasi bervariasi tergantung perangkat keras Anda, tetapi gambar yang dihasilkan biasanya detail dan realistis bahkan dengan prompt dasar.

Baca lainnya: Pembaruan Baru Microsoft Edge: Bisa Menonton dan Mendengarkan Video dengan Terjemahan Real-Time

Dengan berbagai pilihan generator AI teks-ke-gambar open-source ini, Anda bisa mengeksplorasi kreativitas Anda dengan lebih leluasa dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.