Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot

Diposting pada

HP android lemot memang bikin frustasi penggunanya, terlebih lagi saat digunakan dalam keadaan genting ataupun saat bermain game. Pastinya kita pernah merasakan hal seperti itu.

Semua orang menyukai smartphone Android mereka saat digunakan untuk pertama kali karena sangat cepat. kalian selalu ingin HP kalian cepat dan mempertahankan tingkat kinerja yang sama. 

Namun, perangkat tidak mungkin melakukan hal yang sama karena kinerjanya menurun dari waktu ke waktu, dan disini kami akan membagikan cara mempercepat HP Android yang lemot apabila  perangkat kalian terasa lemot atau sering ngelag merespons masukan.

Mengapa HP android Jadi Lemot?

Cara mengatasi hp android lemot

Tak peduli seberapa mahal atau canggihnya HP kalian, pada satu waktu akan menjadi lebih lemot. Setelah penggunaan yang lama, kinerja smartphone apa pun akan menurun sampai batas tertentu. 

Karena jumlah aplikasi dan data terus meningkat, tekanan pada sumber daya perangkat keras meningkat. Ini, pada gilirannya, membuat perangkat terasa lambat dan ngelag. Satu-satunya perbedaan adalah HP murah mulai menunjukkan tanda-tanda mulai lemot jauh lebih awal daripada HP premium.

Masalahnya bersifat universal dan dihadapi oleh semua orang yang memiliki smartphone tetapi hal baiknya di sini adalah dapat dengan mudah diperbaiki. 

Saat perangkat kalian mulai lemot dan terasa ngelag, kalian perlu membuat beberapa perubahan kecil dalam cara kalian menggunakan ponsel. Untuk meningkatkan kinerja Smartphone kalian, kalian perlu mengambil jalan pintas. 

Tindakan sederhana seperti membuang aplikasi yang tidak digunakan, mengosongkan ruang, beralih ke versi ringan dari beberapa aplikasi, dll. Dapat mempercepat HP Android yang lemot secara signifikan. 

Kenapa HP Lemot padahal Memori Banyak?

Memory memang sangat berperan penting bagi kelancaran serta penyimpanan untuk aplikasi, data dan tugas banyak di hp android. Tapi sebelumnya kalian juga pastikan memiliki prosesor yang terbaru juga, karena saat ini banyak sekali hp yang memiliki ram dan penyimpanan besar namun tidak dibekali dengan prosesor yang memumpuni, sebab itulah mengapa memori

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara detail berbagai faktor yang berkontribusi terhadap lemotnya HP Android. Kami juga akan memberi kalian beberapa tip berguna yang akan membantu kalian mempercepat HP Android kalian yang lemot.

Apa Penyebab Hp Android jadi Lemot?

cara mengatasi hp lemot xiaomi

Beberapa faktor dapat menyebabkan perangkat kalian bekerja lambat dan ini mungkin karena masalah terkait perangkat keras atau terkait perangkat lunak. 

Saat HP kalian menjadi tua, perangkat keras perangkat mungkin tidak cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan game terbaru. Mari kita lihat sekilas beberapa alasan di balik lemahnya kinerja HP kalian.

1. Memori Tidak Cukup (RAM) 

Setiap smartphone Android memiliki jumlah memori yang terbatas. Memori ini digunakan oleh aplikasi saat sedang berjalan. Jika ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka akan segera menghabiskan semua RAM. 

Jika kalian mencoba memainkan game tertentu yang membutuhkan banyak RAM, game tersebut mungkin menghabiskan semua memori yang tersedia dan membuat HP kalian menjadi sangat lambat.

2. Memori Penyimpanan Internal Tidak Cukup

Ini adalah salah satu alasan utama di balik HP menjadi lambat. Jika ada terlalu banyak aplikasi atau data di perangkat kalian, maka akan segera kehabisan ruang penyimpanan internal. 

Setiap aplikasi memerlukan sejumlah ruang cadangan pada memori internal untuk menyimpan file data; jika ruang itu tidak tersedia, maka aplikasi pasti akan macet.

3. Baterai Rusak 

Smartphone Android menggunakan baterai yang dapat diisi ulang dan masa pakai tergantung pada penggunaan pengguna. Setelah sejumlah pengisian dan pengosongan, baterai kehilangan potensinya dan sebagai akibatnya, baterai mulai terkuras dengan cepat. 

Itu juga membuat perangkat kalian lambat dan lamban karena tidak dapat memberikan daya yang cukup untuk komponen perangkat keras.

4. OS Versi lama

Kalian harus selalu memperbarui perangkat ke versi Android terbaru. Menggunakan versi Android lama dan kedaluwarsa dapat memperlambat HP kalian karena aplikasi dioptimalkan untuk berjalan pada versi Android terbaru dan bukan versi lama.

5. Aplikasi dan Bloatware yang Tidak Digunakan

Kita semua memiliki aplikasi di HP yang tidak kita gunakan. Aplikasi ini menghabiskan memori internal dan akibatnya, kinerja perangkat turun. 

Sementara beberapa dari aplikasi ini dapat dihapus instalannya secara langsung, yang lain sudah diinstal sebelumnya (dikenal sebagai Bloatware) dan tidak dapat dihapus secara langsung.

kalian perlu menggunakan aplikasi khusus atau melakukan root pada perangkat kalian untuk menghapus Bloatware.

Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot

cara mengatasi hp lemot samsung

Karena kami memiliki gagasan yang jelas tentang faktor-faktor penting yang dapat membuat HP kalian lambat, memperbaikinya tidak akan terlalu sulit. 

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa perubahan kecil yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan kinerja perangkat kalian. Di bagian ini, kita akan membahas tip dan trik ini secara mendetail sehingga kalian dapat mempercepat HP kalian dalam waktu singkat.

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Memori internal yang tidak mencukupi mungkin merupakan penyebab terbesar di balik HP kalian menjadi lambat. Solusinya sesederhana membebaskan ruang. Ada banyak cara di mana kalian dapat melakukan itu. Mari kita mulai dari atas dan membahas berbagai cara untuk mengurangi beban memori internal.

1. Cadangkan File Pribadi

Jika kalian tidak memiliki kartu memori eksternal, semua file media kalian seperti foto, video, dan musik disimpan di memori internal kalian. Ini merupakan bagian penting dari memori internal kalian. 

Jika kalian menghadapi masalah penyimpanan yang tidak mencukupi, sebaiknya transfer file media kalian ke komputer atau penyimpanan cloud seperti Google Drive, One Drive, dll. Memiliki cadangan untuk foto dan video kalian memiliki banyak manfaat tambahan manfaat juga. Data kalian akan tetap aman meskipun HP kalian hilang, dicuri, atau rusak. 

Memilih layanan penyimpanan cloud juga melindungi dari pencurian data, malware, dan ransomware. Selain itu, file akan selalu tersedia untuk dilihat dan diunduh. Yang perlu kalian lakukan hanyalah masuk ke akun kalian dan mengakses drive cloud kalian. 

Untuk pengguna Android, opsi cloud terbaik untuk foto dan video adalahFoto Google . Opsi lain yang layak adalah Google Drive, One Drive, Dropbox, MEGA, dll.

Kalian juga dapat memilih untuk mentransfer data kalian ke komputer. Itu tidak akan dapat diakses setiap saat, tetapi menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan. 

Dibandingkan dengan penyimpanan cloud yang menawarkan ruang kosong terbatas, komputer menawarkan ruang hampir tak terbatas dan dapat menampung semua file media kalian berapa pun jumlahnya.

2. Hapus Aplikasi dan Data yang Tidak Digunakan

Setiap orang memiliki setidaknya beberapa aplikasi yang tidak pernah mereka gunakan. Itu selalu baik untuk mencopot aplikasi yang kalian tidak perlu membuat lebih banyak ruang untuk yang penting. 

Selain itu, semua aplikasi menyimpan data di penyimpanan internal. Aplikasi media sosial adalah salah satu kontributor utama yang menyumbat memori internal kalian. 

Oleh karena itu, selain membersihkan aplikasi ini, kalian juga dapat menghapus file cache dan data untuk beberapa aplikasi atau semua aplikasi untuk mengosongkan memori internal secara signifikan. 

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menghapus cache dan file data untuk aplikasi apa pun (misalnya Tiktok).

  • Pertama, buka Pengaturan di perangkat kalian dan buka bagian Aplikasi .
  • Di sini, cari Tiktok di antara daftar aplikasi yang diinstal dan ketuk.
  • Sekarang ketuk opsi Penyimpanan .
  • Setelah itu, ketuk tombol Hapus Cache dan Hapus Data , dan file data untuk aplikasi tersebut akan dihapus dari perangkat kalian.
  • kalian juga dapat menekan tombol Uninstall di jalan keluar jika kalian tidak lagi membutuhkan aplikasi itu.

Untuk menghapus semua file Cache, kalian harus Menghapus Partisi Cache dari bootloader. Di versi Android sebelumnya, dimungkinkan untuk menghapus semua file Cache dari Pengaturan itu sendiri, tetapi sekarang tidak mungkin. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk Menghapus Partisi Cache di HP Android.

  1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mematikan HP kalian .
  2. Untuk masuk ke bootloader , kalian perlu menekan kombinasi tombol . Untuk beberapa perangkat, ini adalah tombol daya bersama dengan tombol volume turun sedangkan untuk yang lain, tombol daya bersama dengan kedua tombol volume.
  3. Perhatikan bahwa layar sentuh tidak berfungsi dalam mode bootloader, jadi ketika mulai menggunakan tombol volume untuk menelusuri daftar opsi.
  4. Lintasi ke opsi Pemulihan dan tekan tombol daya untuk memilihnya.
  5. Sekarang arahkan ke opsi Wipe Cache Partition dan tekan tombol daya untuk memilihnya.
  6. Setelah file cache dihapus, reboot perangkat kalian .

2. Nonaktifkan atau Hapus Bloatware

Bloatware mengacu pada aplikasi pra-instal dan aplikasi sistem yang ada di HP kalian sejak awal. Aplikasi ini dapat ditambahkan oleh pabrikan, penyedia layanan jaringan kalian, atau bahkan perusahaan tertentu yang membayar pabrikan untuk menambahkan aplikasi mereka sebagai promosi. 

Ini bisa berupa aplikasi sistem seperti cuaca, pelacak kesehatan, kalkulator, kompas, dll., Atau beberapa aplikasi promosi seperti aplikasi, Spotify, dll.

Sementara beberapa aplikasi ini dapat dihapus instalasinya, yang lain tidak dapat dihapus. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menghapus / menonaktifkan Bloatware untuk mempercepat HP Android kalian yang lambat:

  • Buka Pengaturan telepon kalian.
  • Sekarang klik pada opsi Aplikasi .
  • Ini akan menampilkan daftar semua aplikasi yang terinstal di HP kalian . Pilih aplikasi yang tidak kalian inginkan dan klik aplikasi tersebut.
  • Sekarang, kalian akan menemukan opsi Disable, bukan Uninstall . Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa aplikasi tidak dapat dihapus sepenuhnya, dan kalian harus menonaktifkannya alih-alih mencopotnya.
  • Jika tidak ada opsi yang tersedia, dan tombol Hapus Instalasi/Nonaktifkan berwarna abu-abu, berarti aplikasi tidak dapat dihapus secara langsung. kalian harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti System App Remover atau No Bloat Free untuk menghapus aplikasi ini.
  • Namun, lanjutkan dengan langkah yang disebutkan di atas hanya jika kalian benar-benar yakin bahwa menghapus aplikasi tertentu tidak akan mengganggu fungsi normal HP Android kalian.

3. Update OS Android

Seperti yang disebutkan sebelumnya, versi Android lama dan usang dapat membuat perangkat kalian lambat karena tidak dioptimalkan untuk menangani aplikasi terbaru. Oleh karena itu, kalian harus selalu memperbarui sistem operasi kalian ke versi terbaru yang tersedia. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk melihat caranya.

  • Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka Pengaturan di perangkat kalian.
  • Sekarang ketuk opsi Sistem .
  • Di sini, pilih opsi Pembaruan perangkat lunak .
  • HP kalian sekarang akan secara otomatis mencari pembaruan sistem Operasi Android yang baru .
  • Ketuk tombol Perbarui jika menunjukkan pembaruan yang tertunda.

4. Coba Gunakan Aplikasi versi Lite

Banyak aplikasi dan game populer memiliki versi Lite yang terpisah dari aplikasi mereka. Aplikasi ini dirancang khusus untuk perangkat yang spesifikasinya tidak terlalu bagus. 

Aplikasi ini mengkonsumsi lebih sedikit data dan karenanya sempurna untuk orang yang memiliki koneksi internet terbatas. Aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki aplikasi versi ringan yang tersedia di Play Store. Ini sangat dibutuhkan karena aplikasi ini berkontribusi besar untuk membuat HP kalian lambat.

Misalnya, Facebook hanya berukuran sekitar 100 MB pada saat penginstalan, tetapi menyimpan banyak data dan mulai menempati hampir 1 GB ruang dalam beberapa minggu. 

Ini adalah masalah serius bagi perangkat lama dan HP murah yang memiliki ruang memori internal lebih rendah. Selain itu, aplikasi ini terus berjalan di latar belakang untuk memindai pesan, pos, atau notifikasi baru. 

Akibatnya, sejumlah besar RAM digunakan oleh beberapa aplikasi saja. Untuk HP murah, ini berdampak besar dalam memperlambat HP dan membuat pengalaman terasa lamban dan lamban.

Solusi sederhananya adalah menyingkirkan aplikasi utama dan menggantinya dengan versi ringannyaMereka tidak hanya menempati lebih sedikit ruang tetapi juga tidak memonopoli RAM atau sumber daya perangkat keras lainnya. kalian bahkan tidak perlu berkompromi dengan fungsionalitasnya. 

Versi lite dari Facebook atau Twitter memungkinkan kalian untuk melakukan segala kemungkinan pada aplikasi normal. Menggulir feed kalian, membuat posting, berbicara dengan teman kalian, dll. Dimungkinkan pada aplikasi Lite seperti aplikasi biasa.

5. Nonaktifkan Efek Animasi

Animasi meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan nuansa estetika. Berbagai jenis transisi, membuka dan menutup aplikasi, beralih di antara layar yang berbeda, dll.

Semuanya memiliki beberapa animasi yang terkait dengannya. Namun, saat perangkat menjadi tua, animasi ini menjadi terlalu banyak untuk ditangani oleh ponsel. Tindakan sederhana, seperti menelusuri galeri aplikasi, terasa lamban dan lamban. 

Oleh karena itu, sebaiknya nonaktifkan semua animasi secara manual. Ini akan mengurangi beban pada GPU dan membuat HP kalian lebih responsif dan cepat. Namun, untuk menonaktifkan animasi, kalian harus mengaktifkan opsi Pengembang terlebih dahulu . Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menonaktifkan animasi di HP Android:

  • Pertama, buka Pengaturan di HP kalian lalu ketuk tab Sistem .
  • Di bawah tab Sistem, ketuk Opsi pengembang .
  • Di sini, cari skala animasi Windows dan ketuk.
  • Sekarang, pilih opsi “Animation off” .
  • Demikian pula, cari opsi lain dengan kata animasi di dalamnya seperti skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator, dan matikan Animasi untuk mereka.

Bonus: Cara Mengatasi Chrome yang Lemot di Android

Google Chrome adalah browser yang paling populer digunakan oleh pengguna Android. Banyak orang mengalami kelambatan saat menggunakan Chrome. 

Rasanya HP menjadi sangat lambat saat menggunakan Chrome untuk menjelajah internet. Selain itu, jika kalian memiliki koneksi internet yang lambat, dampaknya berlipat ganda, dan rasanya seperti selamanya membuka situs web atau menonton video.

Oleh karena itu, Chrome memiliki mode Penghemat Data khusus untuk perangkat yang memiliki koneksi internet lambat dan keterbatasan perangkat keras. 

Dalam mode Penghemat Data , Chrome otomatis mengompresi situs web sebesar 30 persen dan video sebesar 50 persen. Ini secara signifikan meningkatkan kecepatan penelusuran dan membuat perangkat kalian terasa lebih cepat. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk mengaktifkan mode Penghemat Data untuk Chrome.

  • Pertama, buka Chrome di HP kalian.
  • Sekarang ketuk menu tiga tombol di pojok kanan atas layar.
  • Dari menu tarik-turun, pilih Pengaturan , lalu ketuk opsi Penghemat Data .
  • Setelah itu, aktifkan sakelar sakelar di sebelah opsi Penghemat Data.

Dengan itu, kami sampai di akhir artikel ini dan kami harap informasi ini bermanfaat bagi kalian. Tidak ada yang membuat frustrasi seperti berjuang dengan HP yang lemot dan suka ngelag. Karena sebagian besar pekerjaan dilakukan di telepon kami, mereka harus cepat dan responsif.

Jika tidak satu pun dari metode ini yang dapat mempercepat perangkat Android kalian, kalian dapat mencoba mengembalikannya ke pengaturan pabrik . 

Dengan cara ini, HP akan kembali ke keadaan semula di luar kotak. Namun, karena itu akan sepenuhnya menghapus semua aplikasi dan data kalian, pastikan kalian mencadangkan semua data penting kalian sebelum memilih reset pabrik.

Artikel Lainnya: