Cara Aktifkan dan Nonaktifkan AutoFill Google Chrome

Diupdate pada

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan AutoFill Google Chrome untuk mempermudah dan menghemat waktu dalam mengisi data, dan mencegah lupa password.

Fitur AutoFill di Google Chrome memungkinkan kalian menyimpan Alamat Email, Nomor Telepon, Alamat Pengiriman, Metode Pembayaran, dan Kata Sandi untuk situs web favorit Kalian. 

Dan fitur AutoFill ini dapa sangat mmudahkan penggunanya, agar lebih mudah ketikahendak login ke situs atau media sosial melalui google chrome.

Dan tentunya juga fitur ini sangat menghemat waktu, dan terlebih lagi jika kalian adalah orang yang pelupa jika telah membuat akun atu password di suatu situs internet.

Nah di bawah ini kami akan membagikan langkah-langkah untuk Mengaktifkan atau Menonaktifkan fitur AutoFill Chrome dengan sangat mudah.

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan AutoFill Chrome di Ponsel Android

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan AutoFill Google Chrome

Keuntungan dari Mengaktifkan AutoFill di browser Chrome adalah memungkinkan kalian untuk masuk secara otomatis ke situs web Favorit kalian dan mengisi formulir online menggunakan Kata Sandi yang disimpan, Metode Pembayaran, dan Alamat Pengiriman.

Saat Chrome AutoFill diaktifkan, browser akan secara otomatis meminta kalian untuk Menyimpan Kata Sandi ke browser Chrome, setiap kali kalian memasukkan kata sandi di situs web mana pun.

Jika kalian menerima Simpan Kata Sandi, browser Google Chrome akan dapat masuk secara otomatis ke situs web menggunakan kata sandi yang disimpan, setiap kali kalian mengunjungi kembali situs web yang sama.

Demikian pula, kalian dapat memilih untuk menyimpan Metode Pembayaran, Alamat Email, Nomor Telepon, dan Alamat Pengiriman ke browser Chrome.

Cara Simpan Kata Sandi ke Google Chrome di Ponsel Android

Mengaktifkan fitur Simpan Kata Sandi memungkinkan Google Chrome menyimpan Kata Sandi dan masuk ke situs web menggunakan kredensial kalian yang tersimpan.

1. Buka Aplikasi Chrome > tekan ikon menu 3-titik > pilih Pengaturan di menu tarik-turun.

2. Pada layar Pengaturan, tekan Kata Sandi .

3. Pada layar berikutnya, aktifkan fitur Simpan Kata Sandi dan centang Masuk Otomatis .

Ini akan membuat browser Google Chrome meminta kalian untuk menyimpan Kata Sandi dan menggunakan Kredensial Tersimpan kalian untuk masuk secara otomatis ke situs web favorit Kalian.

Cara Simpan Metode Pembayaran ke Google Chrome di Ponsel Android

1. Buka Aplikasi Chrome > tekan ikon menu 3-titik > pilih Pengaturan di menu tarik-turun.

2. Pada layar Pengaturan, pilh Metode Pembayaran .

3. Pada layar berikutnya, aktifkan fitur Simpan dan isi Metode pembayaran dan pilh + Tambah Kartu .

4. Pada layar berikutnya, masukkan Detail Kartu Kredit kalian .

Cara Simpan Alamat ke Google Chrome di Ponsel Android

Fitur ini memungkinkan browser Google Chrome menyimpan Nomor Telepon Kalian, Alamat Pengiriman dan menggunakan informasi ini untuk mengisi formulir secara otomatis.

1. Buka Aplikasi Chrome > tekan ikon menu 3-titik > pilih Pengaturan di menu tarik-turun.

2. Pada layar Pengaturan, pilh Metode Pembayaran .

3. Pada layar berikutnya, aktifkan fitur Simpan dan isi Alamat pembayaran dan tekan pilihan + Tambahkan alamat .

4. Pada layar berikutnya, kalian dapat memasukkan Nomor Telepon , Alamat Email dan Alamat Pengiriman kalian .

Cara Nonaktifkan dan Menghapus Data AutoFill di Google Chrome

google chrome

Disamping fitur ini sangat membantu kepada para penggunanya, ternyata ada beberapa efek negative jika kita menggunakan fitur tersebut.

Salah satu efek negative nya ialah orang lain dapat mengetahui password atau akun yang telah kita simpan pada gogle chrome tersebut, meskipun jarang terjadi karena mereka harus meminjam perangkat kita terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, kalian bisa menonaktifkan dan juga menghapus username dan password yang tersimpan pada fitus AutoFill google chrome dengan cara sebagai berikut.

Cara Nonaktifkan AutoFill Chrome di Ponsel Android

Kapan saja, kalian dapat dengan mudah menonaktifkan fitur IsiOtomatis Chrome dan menghapus Data kalian dari Cache browser.

1. Buka Aplikasi Chrome > tekan ikon menu 3-titik > pilih Pengaturan di menu tarik-turun.

2. Pada layar Pengaturan, tekan Kata Sandi .

3. Pada layar berikutnya, nonaktifkan fitur Simpan Kata Sandi dan hapus centang menu Masuk Otomatis .

4. Tekan Panah Kembali > Tekan Metode Pembayaran > Nonaktifkan Simpan dan isi metode pembayaran .

5. Tekan kembali lagi> Nonaktifkan fitur Simpan dan isi Alamat .

Cara Hapus Sandi Tersimpan dan Data Formulir AutoFill di browser Chrome

Jika sebelumnya kalian telah Mengaktifkan IsiOtomatis, kalian dapat dengan mudah menghapus Sandi Tersimpan dan data Formulir IsiOtomatis browser Chrome lainnya.

1. Buka Aplikasi Chrome > tekan ikon menu 3-titik > pilih Pengaturan di menu tarik-turun.

2. Dari layar Pengaturan, buka Privasi dan tekan pada  menu Hapus data penjelajahan .

3. Pada layar berikutnya, klik pada tab Advanced , pilih All Time sebagai Rentang Waktu, centang kotak Tersimpan Kata Sandi , AutoFill Formulir Data dan klik pada tombol Hapus data .

Ini harus menghapus semua Kata Sandi Tersimpan dan Data IsiOtomatis kalian dari browser Chrome.

Catatan: Sebaiknya buka kembali bagian Sandi, Metode pembayaran, dan Alamat di Setelan Chrome untuk mengonfirmasi bahwa data IsiOtomatis kalian telah dihapus.

Artikel indotrik lainnya:

Kesimpulan

Jika kalian adalah orang yang sering pelupa dan sering menggunakan chrome untuk membuka situs atau media sosial ataupun untuk melakukan pembayaran, fitur autofill ini harus kalian gunakan, karena ini akan mempermudah dan menghemat waktu kalian.

Namun jika kalian jarang menggunakan hal-hal yang telah kami sebutkan, kalian dapat menonaktifkannya. kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dengan mudah pada artikel diatas.

Jadi itu saja yang bisa kami bagikan langkah-langkah dan informasi tentang autofill dari google chrome, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Salam indotrik.com dan Terimakasih