Mengatasi HP Android Lag, Lemot, Ngehang, Stuck Dll Tanpa Flash HP

Diupdate pada

Bagaimana Cara Mengatasi HP android yang lag, lemot, ngefreez, Ngehang, Gak bisa disentuh hingga ngeblank? Ini adalah masalah yang sangat umum di antara pengguna Android. Ini biasanya terjadi saat Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di sebuah aplikasi atau jika terlalu banyak aplikasi yang bekerja pada waktu yang sama. 

Terkadang, ketika kapasitas penyimpanan ponsel Anda penuh, ia cenderung bertindak seperti itu. Jika Anda menggunakan ponsel lama, itu mungkin juga menjadi alasan di balik ponsel Anda yang terus-menerus membeku. Daftar alasannya tidak terbatas, tetapi kita lebih baik menghabiskan waktu mencari perbaikannya.

Apapun itu, selalu ada solusi untuk masalah Anda. Kami, seperti biasa, di sini untuk menyelamatkan Anda. Kami telah mencatat sejumlah perbaikan untuk membantu Anda keluar dari situasi ini dan mencairkan ponsel Android Anda.

Cara Mengatasi Hp Android yang Lag / Hang atau Lemot dan Lainnya

cara mengatasi hp android lag atau hang

Lihat juga:

Restart HP

Perbaikan pertama Mengatasi Android Lag yang perlu Anda coba adalah memulai ulang perangkat Android Anda. Mem-boot ulang perangkat benar-benar dapat memperbaiki apa pun. Berikan ponsel Anda kesempatan untuk bernapas dan biarkan memulai dari awal. 

Perangkat Android Anda cenderung membeku terutama ketika mereka telah bekerja untuk waktu yang lama atau jika terlalu banyak Aplikasi yang bekerja bersama-sama. Memulai ulang perangkat Anda dapat menyelesaikan banyak masalah kecil seperti itu.

Langkah-langkah untuk me-reboot perangkat Android Anda adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Volume Turun dan Layar Beranda secara bersamaan. Atau, tekan lama tombol Daya Ponsel Android Anda.
  • Sekarang cari opsi Restart/ Reboot pada tampilan dan ketuk di atasnya.

Force Restart Ponsel

Mengatasi Android Lag dengan force restart

Nah, jika cara tradisional me-reboot perangkat Android Anda tidak bekerja dengan baik untuk Anda, coba paksa restart perangkat Anda. Mungkin ini bisa bertindak sebagai penyelamat.

  • Tekan lama tombol Tidur atau Daya  . Atau, di beberapa ponsel, klik tombol  Volume Turun dan Rumah sekaligus.
  • Sekarang, tahan kombo ini hingga layar ponsel Anda menjadi kosong lalu tekan dan tahan tombol Daya hingga layar ponsel Anda berkedip lagi.

Ingatlah bahwa proses ini mungkin berbeda dari telepon ke telepon. Jadi ingatlah itu sebelum melakukan langkah-langkah di atas.

Hapus Beberapa File Ukuran Besar di Memori Internal Android

Saat ponsel Anda penuh dengan sampah dan Anda kekurangan penyimpanan, hapus aplikasi yang tidak diinginkan dan tidak perlu. Meskipun Anda dapat mentransfer aplikasi atau data yang tidak perlu ke kartu memori eksternal, memori internal masih tersendat dengan bloatware dan aplikasi default. 

Perangkat Android kami hadir dengan penyimpanan terbatas, dan membebani ponsel kami dengan banyak aplikasi yang tidak penting dapat membuat perangkat Anda macet atau macet. Jadi singkirkan mereka sesegera mungkin menggunakan langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

  • Cari opsi Pengaturan di pengaturan Aplikasi dan navigasikan opsi Aplikasi .
  • Sekarang yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk Kelola Aplikasi dan ketuk tab hapus instalan .
  • Terakhir, hapus dan hapus semua aplikasi yang tidak diinginkan hanya dengan mencopot pemasangannya segera.

Paksa Berhenti Aplikasi yang Tidak Penting

Paksa Berhenti Aplikasi yang Tidak Penting

Terkadang, aplikasi pihak ketiga atau bloatware dapat bertindak sebagai pembuat onar. Memaksa aplikasi untuk berhenti akan menghentikan aplikasi agar tidak berfungsi dan akan memperbaiki masalah yang dibuatnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Memaksa Menghentikan aplikasi Anda:

  • Navigasikan ke opsi Pengaturan ponsel Anda dan cukup klik Manajer Aplikasi atau Kelola Aplikasi . (Berbeda dari telepon ke telepon).
  • Sekarang cari aplikasi yang menyebabkan masalah dan pilih.
  • Ketuk ‘ Paksa berhenti ‘ di sebelah opsi Hapus Cache.
  • Sekarang temukan jalan kembali ke menu utama atau laci aplikasi dan Buka/ Luncurkan Aplikasi lagi. Saya berharap itu akan bekerja dengan lancar sekarang.

Hapus semua Aplikasi yang Tidak Penting

Hapus semua Aplikasi yang Tidak Penting

Jika Anda berada dalam situasi, di mana ponsel Anda membeku setiap kali Anda meluncurkan aplikasi tertentu, maka ada kemungkinan besar bahwa aplikasi itu yang mengotak-atik ponsel Anda. Anda memiliki dua solusi untuk masalah ini.

Baik Anda menghapus & menghapus aplikasi sepenuhnya dari ponsel Anda atau Anda dapat menghapusnya dan kemudian mencoba mengunduhnya lagi atau mungkin menemukan aplikasi alternatif yang melakukan pekerjaan yang sama. 

Jika Anda menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga maka aplikasi ini pasti dapat membekukan Ponsel Android Anda, tetapi terkadang aplikasi Play Store juga dapat menyebabkan masalah seperti itu.

  • Temukan Aplikasi yang ingin Anda hapus dari laci aplikasi dan tekan lama .
  • Sekarang Anda dapat menyeret ikon . Bawa ke tombol Uninstall .
  • Atau Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi . Kemudian temukan opsi yang mengatakan ‘ Kelola Aplikasi’. Sekarang, cukup temukan aplikasi yang ingin Anda hapus dan kemudian tekan tombol Uninstall . Ketuk OK ketika menu konfirmasi muncul.
  • Sebuah tab akan muncul meminta izin Anda untuk menghapusnya, klik OK.
  • Tunggu Aplikasi untuk mencopot pemasangan dan kemudian langsung kunjungi Google Play Store . Sekarang cukup temukan Aplikasi di kotak pencarian, atau cari aplikasi alternatif yang lebih baik .
  • Setelah Anda selesai mencari, klik tombol instal dan tunggu hingga unduhan selesai.

Update System Hp Android

Mengatasi Android Lag dengan Update System Hp Android

Mengatasi Android Lag selanjutnya adalah dengan mengupdate system atau os pada ponsel anda. Jika sistem operasi Anda tidak mutakhir maka itu mungkin membekukan Ponsel Android Anda. Ponsel Anda akan berfungsi dengan baik jika diperbarui tepat waktu. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk selalu memperbarui sistem operasi Ponsel Anda. 

Apa yang dilakukan pembaruan adalah, mereka memperbaiki bug yang bermasalah dan menghadirkan fitur baru untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat.

Anda hanya perlu masuk ke opsi Pengaturan dan memeriksa pembaruan firmware. Seringkali, orang enggan untuk segera memperbarui firmware, karena menghabiskan data dan waktu Anda. Tetapi melakukan hal itu dapat menyelamatkan gelombang Anda di masa depan. Jadi, pikirkanlah.

Ikuti petunjuk ini untuk memperbarui perangkat Anda:

  • Ketuk opsi Pengaturan di ponsel Anda dan pilih Sistem atau Tentang perangkat .
  • Cukup periksa apakah Anda telah menerima pembaruan baru. Catatan: Saat pembaruan sedang diunduh, pastikan Anda terhubung ke Internet menggunakan jaringan Wi-Fi.
  • Jika ya maka taruh di Download dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Reset Perangkat ke Pengaturan Pabrik

Mengatasi Android Lag dengan Reset Perangkat ke Pengaturan Pabrik

Langkah ini seharusnya hanya digunakan sebagai upaya terakhir untuk Mencairkan Ponsel Android Anda. Meskipun kita membahas metode ini pada akhirnya tetapi ini adalah salah satu yang paling efektif.

Tetapi ingat bahwa Anda akan kehilangan semua data di ponsel Anda jika Anda mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik. Jadi sebelum melanjutkan, Anda disarankan untuk membuat cadangan perangkat Anda.

Catatan: Kami menyarankan Anda mencadangkan semua file & data penting Anda dan mentransfernya ke drive Google, penyimpanan Cloud, atau penyimpanan eksternal lainnya, seperti Kartu SD.

Jika Anda benar-benar memutuskan tentang hal ini, ikuti langkah-langkah berikut untuk menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik:

  • Backup data Anda dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal seperti PC atau drive eksternal. Anda dapat menyinkronkan foto ke foto Google atau Mi Cloud.
  • Buka Pengaturan lalu ketuk  Tentang Telepon lalu ketuk Cadangkan & setel ulang.  
  • Di bawah Reset, Anda akan menemukan opsi ‘ Hapus semua data (reset pabrik) ‘. Catatan: Anda juga dapat langsung mencari Reset pabrik dari bilah pencarian.
  • Selanjutnya, ketuk “ Reset telepon ” di bagian bawah.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang perangkat Anda ke default pabrik.

Periksa Kesehatan dan Ganti Baterai

Mengatasi Android Lag - Periksa Kesehatan Baterai

Mungkin anda kira baterai hanya berperan sebagai power untuk menghidukan mesin hp saja, padahal ini adalah hardware yang sangat penting bagi kinerja hp. Pada beberapa ponsel canggih baterai mempengaruhi kinerja karena system mengoptimalkan pemakaian baterai agar menjadi lebih hemat digunakan.

Jika baterai ponsel anda bermasalah alhasil kinerja dari perangkat hp anda menjadi tidak beraturan dan bahkan menyebabkan lag dan hang yang parah, seperti yang kami alami sebelumnya.

Artikel indotrik lainnya:

Lemot dan lag Perangkat Android saat digunakan bisa sangat menjengkelkan, Tapi dengan Langkah-langkah Mengatasi Android Lag diatas semoga tidak akan terjadi lagi ya. Semoga membantu.